.

.
Rabu, 26 November 2008

Tepatnya pada tanggal 27 desember 2007 lalu kami melakukan sebuah ekspedisi yang kami beri judul EKSPEDISI GEOFISIKA Gn.TAMPOMAS kabupaten Sumedang. Ekspedisi ini merupakan salah satu bentuk kegiatan kami yang boleh dibilang baru dan bersifat ilmiah. Latar belakang dari kegiatan ini adalah didorong oleh rasa penasaran terhadap keunikan gunung tampomas ini, yang diantaranya memiliki rekahan besar sepanjang kurang lebih 200 meter di atas puncak.Tujuan dari kegiatan ekspedisi ini adalah untuk mengetahui parameter-parameter fisika yang terdapat digunung Tampomas tersebut, yaitu identifikasi batuan, parameter tekanan dan temperatur, percepatan gravitasi hingga historis dari gunung tersebut.

Kegiatan ini dibagi kedalam 3 tahap penting yakni tahap studi literatur yang meliputi kajian ilmiah kegunungan, batuan dan parameter fisika serta kajian tentang historis gunung tampomas. Selanjutnya tahap kedua adalah tahap Investigasi kelapangan yaitu melaksanakan kegiatan ekspedisi. Tahap kedua ini dilaksanakan selama 5 hari dilapangan,yaitu dari tanggal 27 desember 2007 sampai 01 Januari 2008. Pada tahap ini kami melakukan pengamatan langsung pada rekahan dan mengambil sampel batuan untuk diteliti di laboratorium serta pencatatan parameter fisika (Tekanan dan Temperatur). Setelah dilakukan tahap kedua ini maka tahap selanjutnya adalah tahap menyajikan hasil ekspedisi dalam bentuk Kuliah umum yang dilaksanakan pada tanggal 23 Februari 2008 dengan 2 pemateri penting yaiyu Dr. Isya N. Dana (Pakar vulkanologi Geologi bandung) dan Drs. Setiya Utari,M.si (dosen Fisika UPI).
Acara pun boleh dibilang sukses dan hal ini yang menjadi motivasi kami kedepan untuk melaksanakan ekspedisi-ekspedisi selanjutnya,,,
by odoy

1 komentar:

Anonim mengatakan...

btw... salut buat si puncak!!
hayo... who next??

hehe..


bagong boker
t-041/khauf