.

.
Kamis, 15 Juni 2023

Pada Minggu, 11 Juni 2023, kelompok pecinta alam Univeritas Pendidikan Indonesia (UPI) dari dua jurusan yang berbeda yakni Biologi (BIOCITA) dan pecinta alam Komunitas Hijau Fisika (KHAUF) mengadakan kegiatan bersama. Kegiatan tersebut diberi nama “Latihan Bersama Botani Zoologi Praktis  BC X KHAUF” dengan tema yang diangkat yakni “How To Not get Straved In Wild”.


Poster kegiatan

“Acara ini merupakan tindak lanjut dari diskusi kami beberapa bulan yang lalu, yakni keinginan untuk terus berkolaborasi dan mengadakan kegiatan bersama sesama pecinta alam FPMIPA UPI” kata Reza “Neperkwit” ketua adat KHAUF. Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menarik minat mahasiswa terhadap kegiatan pecinta alam sekaligus ajang untuk memperkuat pengetahuan anggota mengenai botan dan zoologi praktis.

Acara ini diadakan di Hutan Jayagiri dengan rute yang diambil dari Cikole - Leuweung Poek. Peserta kegiatan ini terdiri dari anggota SCALA, Gemarawana, Gentrapala, serta masyarkaat umum. Kegiatan ini bertujuan sebagai langkah awal kolaborasi antara Khauf dan Biocita, dengan tujuan menghadirkan ciri khas unik dari kedua organisasi tersebut.

Dalam acara ini, peserta diberikan pematerian oleh seorang praktisi biologi, Kang Afri Irawan, S.Si., M.Si. Pemateri ini memberikan pemahaman dasar mengenai bidang Botani dan Zoologi kepada peserta. Selain itu, peserta juga diajarkan tentang pembuatan perangkap hewan (trap) oleh Kang Afri. Dengan pengetahuan tersebut, peserta kemudian diajak untuk mempraktikkan pencarian makanan dari tumbuhan dan hewan di sekitar Hutan Jayagiri.

Pematerian botani dan zoologi praktis
Sesi Pematerian

Selama praktik lapangan, peserta diberikan kesempatan untuk jelajah area mencari makanan dari tumbuhan dan hewan yang ada di sekitar hutan. Mereka menerapkan pengetahuan botani zoologi yang telah dipelajari selama pematerian untuk mengidentifikasi makanan yang dapat dikonsumsi di habitat hutan.

Beberapa makanan yang ditemukan meliputi tumbuhan pakis, begonia, harendong, gandasoli, medinila, kecombrang, poh-pohan, honje, jamur-jamuran dan masih banyak lagi.

Tumbuhan botani aman dimakan
Hasil pencarian makanan

Setelah berbagai kegiatan eksplorasi dan praktik lapangan, peserta kemudian mengolah dan mengonsumsi hasil temuan mereka. Ini memberikan pengalaman langsung tentang bagaimana memanfaatkan sumber daya alam secara berkelanjutan.

Pengolahan makanan

Pengolahan jamur di hutan
Pengolahan makanan

"Melalui kegiatan ini, kami ingin memperkuat kolaborasi antara Khauf dan Biocita dalam mempromosikan pemahaman dan pelestarian lingkungan," kata ketua adat KHAUF. "Kami berharap kegiatan ini akan membangkitkan kesadaran akan kekayaan alam kita dan pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem."

Latihan Bersama Botani Zoologi Praktis ini menjadi langkah awal yang menarik dalam kolaborasi antara Khauf dan Biocita. Diharapkan kegiatan serupa akan terus diadakan di masa depan untuk memperkuat pemahaman dan kesadaran tentang keanekaragaman hayati serta pentingnya menjaga alam sekitar kita.


0 komentar: