Sabtu, 01 Oktober 2016

Tim khaufer sedang berfoto di Pondok Halimun yang merupakan gerbang awal pendakian menuju Gunung Gede via Salabintana.
            Sebelum saya tulis reportase perjalanan kali  ini, kami ucapkan happy longweekend buat para pembaca setia khaufer. By the way , longweekend kali ini yaitu dari tanggal 5-8 Mei 2016 tim khaufer melakukan fun tracking ke Gunung Gede Pangrango. Naik gunung, ketika longweekend seperti ini mungkin sudah terlalu mainstream ya guys...Tapi tidak untuk tim khaufer kali ini. Selain naik gunung, kita juga melakukan penelitian loh, penasaran kan apa yang kita teliti kali ini? Yuk simak ceritanya! Gunung Gede Pangrango ini berada di wilayah tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi. Kebetulan kemarin, tim khaufer melakukan pendakian mealalui jalur pendakian salabintana yang terletak di  kabupaten Sukabumi.Jalur pendakian salabintana ini terkenal cukup ekstrim buat kamu yang suka tantangan. Bagi pendaki pemula jalur ini kurang dianjurkan apalagi jika pendakian dilakukan tanpa seorang pendamping, Ada baiknya jika melewati jalur Gunung Putri ataupun Cibodas. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan berupa belantara hutan yang lembab juga punggungan tipis dengan jurang berupa lembahan yang cukup dalam. Meskipun telah disediakan jalur pendakian namun, beberapa jalur yang akan dilewati beragam dari mulai batu-batu yang lumayan licin hingga tangga-tangga alam yang terbuat dari akar pepohonan dengan kemiringin yang cukup membuat kita harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk menaikinya, akan disuguhkan selama perjalanan. Tak ketinggalan juga, pendaki akan bertemu dengan si penghisap darah yaitu pacet. Inilah keunikan dari pendakian Gunung Gede melalui jalur Salabintana.
Salah seorang anggota Khauf sedang menghitung denyut nadi untuk keperluan pengambilan data penelitian.
            Perjalanan di mulai pada tanggal 5 Mei dini hari dari rumah Bang Jawir, beliau adalah salah satu anggota istimewa di KHAUF. Pukul 05.00 WIB  dini hari kita semua bersiap untuk berangkat menuju pos pertama yaitu pondok halimun untuk melakukan simaksi terlebih dahulu. Sekitar pukul 07.30 kita sampai di pondok halimun kemudian sarapan bersama-sama. Oh iya kali ini, tim haufer tidak sendiri tetapi kami juga naik bersama tim dari Sukabumi yaitu ada Kang Agus, Kang ida beserta istri dan kedua anaknya. Setelah sarapan kami semua berkumpul untuk melakukan simaksi kali ini, tim khaufer sendiri terdiri dari 9 orang di tambah dengan tim Sukabumi ada 4 orang jadi semuanya ada 13 orang. Sekitar pukul 09.30 WIB kami mulai melakukan pendakian, suasana kali ini sangat cerah sekali.
Keindahan Gunung Gede terlihat dari alun-alun Suryakencana
            Setelah melakukan perjalanan selama kurang lebih 11 jam  akhirnya tim khaufer sampai di alun-alun Surya Kencana. Alun-alun Surya Kencana adalah tempat tujuan semua para pendaki untuk bersitirahat karena disana terdapat tempat yang sangat luas dan juga indah dihiasi dengan bunga-bungan edelwise di sekitarnya. Tim khaufer sampai di alun-alun surya kencana sekitar  pukul 20.00 WIB. Setelah sampai, sperti biasa kami menyiapkan peralatan untuk camp dan makan malam. Sekitar pukul 22.00 WIB kami semua makan malam dan setelah semuanya beres, kami pun bergegas untuk istirahat. Malam itu tercatat suhu sekitar 11ºC. Bisa di bayangkan dinginnya seperti apa. Hihi... Jangan heran jika pada akhirnya banyak pendaki yang terserang hipotermia disini. Pada musim tertentu suhu di alun-alun Surya Kencana bisa dibawah 10oC. Jika tidak memiliki persiapan yang cukup juga kondisi fisik dan mental yang baik, kegiatan mendaki gunung tentunya menjadi hal yang sangat beresiko.
Secangkir kopi dan gorengan hangat memang pas untuk menyambut mentari pagi di Suryakencana.
Jangan lupa untuk plot jalur sebelum turun ya …
Waktu sudah menunjukan pukul 05.00 WIB tim khaufer pun bangun dan melaksanakan sholat subuh. Setelah itu seperti biasa, ada juga yang membuat sarapan. Pemandangan pagi itu sangat indah sekali, waktu terus berputar, dan bumi pun semakin hangat karena sang surya telah tiba di hadapan kita semua. Suhu mulai meningkat, bunga-bunga bermekaran menyapa indahnya pagi ini.
Terima kasih Suryakencana untuk rimbamu yang tak pernah lelah kami jelajahi dan terima kasih Khauf untuk semua tawa, canda dan kebersamaan yang kita habiskan.