.

.
Senin, 29 September 2014

Oleh : Mewek
sumber : dokumentasi KHAUF
    Berkegiataan di alam bebas tentu saja memerlukan banyak perlengkapan yang harus di bawa guna menunjang kegiatan dan keselamatan kita. Untuk membawa perlengkapan yang banyak itu biasanya kita gunakan tas besar atau biasanya kita sebut dengan carrier. Semakin lama kegiatan yang dilakukan, semakin banyak barang yang harus dibawa dan semakin tersiksa pula kita membawanya jika tidak dilakukan dengan baik.
   Cara packing merupakan hal yang wajib diketahui oleh para pencinta alam. Teknik teknik packing harus diketahui, agar ketika membawa carier kita merasa aman dan nyaman. Teknik teknik mempacking merupakan aplikasi nyata pusat massa. Pusat massa merupakan titik dimana massa itu berpusat. Setiap benda di dunia yang memiliki massa pasti memiliki juga pusat massa, termasuk manusia. berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pusat massa manusia berada dipusar.
     Lalu apa pengaruhnya terhadap packing dan membawa carrier?  Pusat massa sangat berpengaruh terhadap keseimbangan benda. Ketika kita membawa carier dengan massa yang besar tentu akan merubah sistem keseimbangan tubuh kita. Akibatnya, tubuh kita sulit untuk berdiri tegak dan sempoyongan ketika kita berjalan. Untuk menghindari itu marilah kita rubah pusat massa kita ketika kita menganggkat carier. 
     Teknik – teknik packing yang biasa digunakan oleh kita sebenarnya merupakan cara kita untuk merubah pusat massa. Contohnya, ketika kita menyusun barang, disarankan untuk menyusun barang dari yang ringan ke yang berat atau ketika kita mengangkat carrier disarankan untuk mengangkat diatas pinggang. Cara – cara demikin sebenarnya kita sedang merubah letak pusat massa kita yang tadinya dipusar menjadi dipunggung, sehingga akan terjadi keseimbangan saat menganggkatnya. Dan tentu saja ini akan membuat kita nyaman ketika membawa beban.

0 komentar: