.

.
Senin, 29 September 2014

Oleh : Capling
sumber : tiababaro.wordpress.com
     Air merupakan suatu zat yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup. Tidak ada satu pun makluk hidup yang bisa bertahan hidup tanpa air. Terutama manusia yang sangat terlihat jelas selalu menggunakan air dalam kehidupan sehari-harinya. Contohnya air digunakan manusia untuk mencuci, mandi, minum dan sebagainya.
    Banyak benda yang terkena air menjadi basah. dapat terluhat ketika tterjadi hujan. Tanah yang semula kering, ketika terkena air hujan menjadi basah, begitu pun dengan baju yang terkena air. Mengapa daunt alas terkena air didak basah? mengapa itu bias terjadi?
     Pada permukaan dauntalas terdapat lapisan lilin. Lapisan lilin ini salah satu penyebab dauntalas tidak basah terkena air. Seperti ketika air disatukan dengan minyak. Air tidak bersatu dengan minyak tetapi terdapat sekat pemisah antara keduaanya. Konsep apa sih yang dapat menjelaskan kejadian itu?
Kejadian air padda daunt alas tersebut dapat di jelaskan dengan konsep fisika. Konsep yang dapat menjelaskan kejadian tersebut adalah konsep Kohesi dan Adhesi. Kohesi merupaka gaya tari menarik antar molekul yang sejenis. Bagaimana dengan adhesi? Adhesi merupakan gaya Tarik menarik antara molekul yang berbeda. Pada kejadian ini, gaya ayang terjadi antara air dan daunt alas tersebut adalah gaya adhesi sedangkan gaya antar molekul air adalah gaya kohesi.
     Gaya kohesi pada air menyebabkan molekul-molekul air salaing berikatan sehingga dapat membentuk butiran-butiran air. Sedangkan gaya adhesi antara air dan daunt alas (lapisan lilin), gaya Tarik menarinya sangat lah kecil. Dalam kejadian ini gaya kohesi lebih besar dibanding dengan gaya kohesi. Hal ini menyebabkan air pada daunt alas tidak dapat membasahi daunt alas tersebut. Akan tetapi, air tersebut membuat satu-kesatuan dalam butiran-butiaran air dan dapat begitusaja meninggalkan daun talas. Begitulah penjelasan dari sudut pandang fisika. 

0 komentar: