.

.
Selasa, 28 Januari 2014

          Saat berkegiatan di alam, sebagian besar di antara kita memiliki pengetahuan yang minim terhadap jenis-jenis tanaman yang dapat dimakan. Jika anda pernah berkegiatan di alam, mungkin anda akan menemukan banyak tanaman yang memiliki buah. Warna dan bentuk buah dari tanaman tersebut memiliki bentuk yang menyerupai beberapa buah yang pernah kita konsumsi. Dengan demikian, kita akan menyimpulkan bahwa buah tersebut memang bisa dimakan. Tapi, jangan gegabah! Belum tentu buah-buahan tersebut dapat dimakan. Meskipun dalam keadaan darurat, kita harus berfikiran jernih. Jangan sampai karena kelalaian kita, nyawa kita menjadi taruhannya.
           Bagaimana cara untuk menentukan tanaman mana saja yang aman untuk dikonsumsi?
1. Pertama-tama, kita harus mengetahui bagian tumbuhan mana yang dapat kita konsumsi. Pengetahuan tentang hal ini penting untuk kita miliki. Jangan sampai kita memakan bagian tumbuhan yang memang tidak layak untuk dimakan, misalnya batang dan getah. Selain itu, dengan mengetahui bagian tumbuhan mana saja yang dapat dikonsumsi, kita dapat menyempitkan fokus pencarian kita pada bagian tumbuhan yang benar
2. Kita harus sudah mengenal bentuk. rupa dan rasa beberapa tumbuhan 'aman' yang terdapat di alam. Pengetahuan ini dapat kita dapatkan dari berbagai gambar di internet atau pernah secara langsung mengkonsumsi tanaman tersebut.
3. Pengetahuan terhadap ciri-ciri tumbuhan yang dapat dimakan dan tidak dapat dimakan juga dangat bermanfaat bagi kita. Di hutan, banyak sekali tumbuhan yang asing bagi kita. Bisa saja dari sekian banyak tumbuhan tersebut, kita tidak menemukan satu pun jenis umbuhan yang pernah kita makan. Tentu saja, kita harus tetap berjuang untuk bertahan hidup. Oleh karena itu, insting kita harus bergerak dengan cepat dengan mencari tumbuhan yang memiliki ciri-ciri yang sama dengan ciri-ciri dari tumbuhan yang dapat dimakan.
4. Jika kita sudah mendapatkan tumbuhan dengan ciri-ciri yang dapat dimakan, kita tetap harus memastikan efeknya terhadap tubuh kita. Pengecekan tersebut dapat dilakukan pada kulit dan bibir kita dengan tahapan tertentu. Tahapan pengecekan tersebut jangan sampai diacak dan dilewati karena hasil dari pengecekan ini akan berpengaruh terhadap kelangsungan hidup kita.
5. Kita juga harus mengetahui cara untuk mengkonsumsi tumbuhan tersebut. Beberapa tumbuhan dapat langsung dimakan, diambil bagian spesifiknya, dimasak dengan air, dimasak dengan dibakar, dimasak selama beberapa tahapan memasak dan lain sebagainya. Tentunya teknik pengolahan tanaman tersebut bergantung kepada jenis tanaman dan ketersediaan alat dan bahan yang kita miliki. Yang paling penting adalah utamakan keselataman kita dengan menggunakan usaha yang efektif dan efisien.
6. Jangan mengkonsumsi tumbuhan 'asing' yang sama dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dilakukan agar racun, yang mungkin terkandung dalam tanaman tersebut, tidak menumpuk. Beberapa jenis racun tidak akan bereaksi dalam jumlah yang kecil.

0 komentar: