.

.
Selasa, 15 Januari 2013


KHAUF - Akhir bulan Januari 2013 merupakan minggu libur ujian akhir semester (UAS) yang berlaku di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Dengan demikian hal ini menjadi salah satu waktu yang ideal untuk melaksanakan suatu kegiatan bagi sebuah organisasi mahasiswa di Lingkungan UPI, teutama untuk kegiatan yang membutuhkan waktu pelaksanaan yang panjang. Bagi banyak organisasi pecinta alam yang ada di UPI, waktu ini digunakan untuk melakukan pendidikan atau kaderisasi di organisasinya masing-masing.

Segala sesuatu dalam pendidikan akan berjalan lancar jika didukung oleh berbagai hal yang sesuai dengan yang diharapkan. Namun, salah satu kendala yang dapat mempengaruhi persiapan maupun pelaksanaan kegiatan adalah faktor cuaca. Katakanlah seperti ini : jika cuaca buruk maka hal ini dapat menghambat waktu dan jenis perjalanan yang dilakukan. Mungkin ada yang beranggapan bahwa cuaca yang buruk merupakan berkah karena dapa dijadikan "wahana" tantangan yang hebat bagi siswa peserta pendidikan. Hal ini ada benarnya. Namun, bukan itu permasalahannya. Sering kali, apa yang terjadi di alam di luar rencana kita. Alat yang kita bawa tidak dapat membantu kita ketika cuaca begitu ekstrem. Tentunya, tak seorang pun menginginkan hal tersebut menimpanya.
Salah satu cara untuk mempersiapkan diri, kelompok dan logistik untuk berkegiatan di alam adalah mengetahui prediksi cuaca. Memang cuaca merupakan salah satu hal yang tidak dapat kita ketahui secara pasti, tetapi dengan adanya informasi tentang prediksi cuaca tersebut setidak kita bisa mendapatkan beberapa keuntungan untuk menjawab pertanyaan berikut:
1. Bagaimanakah keadaan cuaca terburuk yang mungkin terjadi?
2. Apakah kita membutuhkan perangkat yang melindungi kita dari badai?
3. Apakah kita yakin bahwa di lapangan tidak akan terjadi hujan sehingga kita tidak perlu membawa perlengkapan yang berlebihan?

Nah, salah satu sumber informasi mengenai prakiraan cuaca yang dapat kita dapatkan adalah situs berikut ini :
http://www.accuweather.com/
Situs ini dapat memebrikan informasi mengenai bagaimana keadaan cuaca di suatu daerah (kota dan negara) pada tanggal tertentu. Informasi yang anda dapatkan berupa data tentang jenis cuaca (cerah, badai, atau hujan ringan) dan keadaan suhu lingkungan (yang dinyatakan dalam Celcius dan Reamur)
Klik di sini untuk mengetahui prakiraan cuaca pada hari-hari di bulan Januari untuk kota Bandung menurut situs tersebut.

Semoga informasi ini  bermanfaat dan kegiatan yang kita lakukan dilancarkan oleh Yang Maha Kuasa. 



Salam Lestari!
KHAUF - The Real Adventure of Science

0 komentar: