.

.
Selasa, 28 Februari 2012



-->
Dibawah ini adalah sebuah catatan dari seorang anggota khauf yang mengikuti jambore bahari di pulau pramuka kepulauan seribu

-->
Cerita dari Pramuka
Dapet kesempatan lagi buat nikmatin keindahan alam Indonesia. Trip 3 hari ke Pulau Pramuka, salah satu pulau di Kepulauan Seribu, jadi pengalaman baru buat gue yang biasa maen ke gunung sama anak – anak. Sekarang maen di pulau. Biasanya pulang nge-camp jadi item setelah ngabisin waktu sekitar satu minggu. Trip ini cuma butuh perjalanan ke Pulau Pramukanya buat menghitamkan pesertanya. Hahaha.
Tapi view yang dikasih selama perjalanan gak maen – maen deh. Warna biru dimana – mana dengan gradasi yang beda – beda. Cuma di pisahin garis horizon buat misahin biru laut sama biru langit.
Gak biasa sama cuaca yang panas, gak kaya di Bandung yang adem smriwing, bawaannya lemes banget kalo break belom mulai kegiatannya. Pengen tidur. Masa iya jauh jauh 2,5 jam nyebrang dari Marina, Ancol cuma buat pindah tidur. Gak dong yaaa…
Waktu break agak lama, sampe akhirnya upacara pembukaan dimulai juga. Nyesuain sama keadaan listrik di Pulau Pramuka juga yang cuma ada dari jam 4 sore sampe jam 7 pagi. Jam lainnya gak ada deh fasilitas listrik. Tengah hari pas panas – panas nya deh tu upacara. Menguap – menguap ni badan.
Selesai upacara yang behasil bikin mandi kringet, ahirnya mulai juga kegiatannya. Kegiatan pertama yang gue ikut SAR laut. Apa sih SAR laut? jadi kita dikasih materi tentang  tanda – tanda buat minta pertolongan di laut, semacem SOS sign gitu deh. Dari yang kaya kembang api sampe serbuk yang bisa ngewarnain air laut. Belajar dayung juga, terus ngebalikin perahu. Naik lagi ke perahu, yang butuh energy buat naeknya. Karena kita mesti ngedorong badan kita naek ke perahu. Berhubung gue paling kecil di perahu yang isinya Cuma 10 orang. Dijadiin bahan latihan buat nolongin orang deh. Pasti di tarik ke atas naeknya. Heu.
Hari kedua, kegiatannya lebih padet gak cuma satu kegiatan kaya hari pertama. Ada simulasi transplantsi karang. Di kegiatan ini peserta memang gak semuanya nyebur ke laut buat transplantasi karang, tapi perwakilan kelompok aja. Dari KHAUF yang terjun langsung adalah Linglung. Sebelum nyebur peserta dikasih materi tentang terumbu karang. Gimana caranya buat ngebudidayain karang, karena karang gak akan tahan kena cahaya matahari langsung a.k.a di jemur. Jadi karang mesti disimpen dalam air atau dia bakal stress.
Selesai transplantasi karang,, scuba diving udah nunggu buat di ublek – ublek. Kegiatan yang emang dari awal gue tungguin banget. Hehehe.
Dan ternyarta berhubung alatnya terbatas dan pesertanya banyak jadi mesti ngantri dulu. Dari pada ngantri panas – panasan mending snorkeling sama temen – temen yang lain. Belajar lagi juga sama salah satu senior TRAMP, Mas Bambang.
Setelah cape bolak – balik muterin dermaga, dan hampir serempetan sama bulu babi, akhirnya sampe ke giliran gue buat diving. Hehe. Oh ya buat temen – temen yang baru belajar nyelem juga penting tu latihan pernafasan, sama ngepasin alat – alatnya. Dari google, fin, udara yang keluar di mouthfish, ngepasin posisi tabung sama badan kita, dll.
Oh ya ada aturan lagi kalo nyelem gak boleh sendirian ya, mesti ada buddy nya. Berhubung gue masih belajar jadi yang nemenin sekalian instruktur.
Pertama kali yang ada di kepala waktu udah di dalem aer, Subhanallah. Ini belom sampe dalem dalem banget. Belom spot yang biasa buat nyelem. Ini masih di sekitar pantai. Dalemnya juga paling masih 3 meteran. Tapi buat gue yang baru pertama kal, it’s really amazing.
Gak puas cuma sampe situ aja, masih banyak spot yang minta dikujungin. Tapi sebelum bebas nyelemin banyak spot keren, mesti punya license dulu. Minta do’a nya biar diantara rombongan yang berangkat sekarang secepetnya bisa dapet license. Amin.
Senkle
KHAUF/LP-080

0 komentar: