.

.
Kamis, 30 Oktober 2014

fransnews.heck.in


Tulisan : Aep "Bimen" Saepulloh

Manakah suara yang lebih nyaring antara mendengarkan suara dering telepon yang berjarak 1 meter atau 10 meter? Tentu saja suara dering telepon yang berada di jarak 1 meter akan terdengar lebih nyaring. Begitu pula guntur yang terdengar di tempat yang dekat dengan pengamat akan terdengar lebih nyaring. Dengan demikian, jika kita tidak dapat mendengar suara guntur dari kilat yang kita lihat, maka kilat tersebut mungkin terjadi di tempat yang jauh dari kita. Namun, jarak antara kita dan tempat terjadinya kilat bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi bunyi guntur dapat terdengar atau tidak.

Manakah suara yang  lebih nyaring antara mendengarkan suara dering telepon yang berjarak sama dari kita tetapi salah satu telepon ditutup oleh bantal sedangkan yang lainnya tidak ditutupi oleh apapun? Tentunya suara dering telepon yang tidak tertutup oleh bantal akan lebih nyaring terdengar. Jika kita anggap bantal itu sebagai medium penghalang, maka jika ada penghalang antara sumber bunyi dan pendengar, maka intensitas (kuat/nyaringnya) suara yang kita dengar akan semakin kecil. Hal ini terjadi karena permukaan penghalang tersebut memantulkan bunyi yang diterimanya, sehingga tidak semua gelombang bunyi yang dipancarkan oleh sumber suara dapat diterima oleh telinga pendengar. Begitu pula dengan suara guntur. Jika terdapat penghalang yang mampu memantulkan bunyi guntur sebelum bunyi itu sampai ke telinga pendengar, maka intensitas bunyi guntur yang didengar tidak akan sama dengan itensitas bunyi yang dihasilkan oleh kilat. Jika penghalang itu memantulkan semua gelombang bunyi yang diterimanya sehingga tidak ada gelombang bunyi yang dirambatkan, suara guntur tidak akan sampai di telinga pendengar.

Selain jarak dan kualitas penghalang, terdapat faktor lain yang mempengaruhi intensitas bunyi guntur yang diterima oleh pendengar, yaitu medium antara sumber bunyi dan penerima bunyi. Menurut teori, medium yang lebih rapat akan menghantarkan gelombang bunyi dengan lebih cepat. Jadi, semakin rapat udara antara tempat terjadinya kilat dan pendengar, maka gelombang bunyi guntur akan semakin cepat terdengar. Namun, suhu udara tersebut juga akan mempengaruhi kecepatan gelombang guntur. Semakin kecil suhu udara, maka semakin kecil nilai cepat rambat gelombang guntur tersebut. Karena pada udara yang lebih dingin, energi kinetik yang dimilikinya lebih kecil dibandingkan pada udara yang lebih panas. Terdapat kemungkinan juga, jika suhu udara terlalu dingin, maka energi bunyi guntur tidak akan sampai di telinga pendengar sehingga membuat suara guntur tersebut tidak terdengar.

0 komentar: